Peran perguruan tinggi dalam kehidupan politik dan ekonomi sumbawa


   Peran Perguruan Tinggi (UNIVERSITAS SAMAWA) Dalam Kehidupan Ekonomi dan Politik Sumbawa


Peran Universitas Samawa (UNSA) di Sumbawa

                                      Kehidupan politik dan ekonomi, sejak diproklamasikannya kemerdekaan indonesia, kehidupan polit k belum stabil, hanya saja sebagian warga masyarakat indonesia. Menyadari akan arti pentingnya proklamasi tersebut, Karna mereka berpikir saat itu adalah kesempatan untuk menjalankan kehidupan sendiri setelah menganggap berabad-abad di kuasai oleh penjajah.

        serta hal ini nusa tenggara barat pun terlihat jelas dalam otonomi daerah maka kota dan kabupaten lain dalam wilayah NTB mulai berbenah dan mengenali potensi masing-masing peningkatan kesadaran setiap daerah terhadap potensi serta cara pemanfaatannya menyebabkan timbulnya keinginan untuk mandiri dalam hal pengelolaan daerah.

              Untuk menciptakan kehidupan politik pemerintahan harus yang kuat dan tetatur,sumbawa Telah membentuk badan- badan pelaksanaan untuk menciptakan stabilitas politik dalam kota sumbawa, Pemerinta melakukan penataan dilingkungan para pejabat sehingga Konflik politik tidak mungkin terjadi dalam rentang waktu sebelum hingga setelah proses pemekaran Wilayah sumbawa.

    UNSA(Universitas Samawa) di sumbawa sangat berperan dalam sistem perekonomian dan politik sumbawa karena lulusan-lulusan yang  memiliki potensi dibidang pemerintahan bisa ikut ambil alih dalam suatu proses pembangunan ekonomi sumbawa ke depannya dan kearah yang lebih baik. selain itu prestasi akademik maupun non-akademik yang ditorehkan oleh mahasiswa-mahasiswa terbaik mampu menyumbangkan suatu perubahan yang positif seperti halnya keberhasilan dalam Program Kreativitas Mahasiswa yang setiap tahunnya menghasilkan produk-produk yang berkualitas untuk menunjang perekonomian Sumbawa.

   Perguruan tinggi yang ada disumbawa khususnya Universitas Samawa yang memiliki banyak program studi yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda Sumbawa. Luaran dari atau lulusan dari Universitas Samawa mampu menyumbangkan pemikir-pemikir muda yang berkualitas untuk Sumbawa kedepannya. Tentunya sarjana muda yang diharapkan mampu menciptakan perubahan yang positif baik dalam bidang politik maupun ekonomi disumbawa.

      Mengenai Kehidupan Perekonomian sumbawa tidak jelas diketahui, kemungkinan Masalah Ekonomi tidak jauh berbeda dari  kerajaan-kerajaan terdahulunya, yaitu secara langsung maupun secara tidak langsung rakyat ikut ambil bagian dalam dunia pelayaran.
              
                 Pemuda juga memiliki peran sentra dalam mengawasi perjalanan bangsa, yang di jalankan oleh pemerintah, agar roda pemerintah berjalan dengan baik dan bersih, dan nantinya akan berimplikasikan terhadap kemajuan di berbagai bidang, baik di bidang ekonomi, politik dan budaya. Peran yang dimainkan pemuda dalam bidang ekonomi mampu di aktualisasikan secara optimal seperti yang menjadi ekspektasi kita bersama. Melihat secara historis dari tempo dulu sampai dewasa ini,secara fundamental pemuda memainkan peran yang begitu sangat gemilang bagi kemajuan bangsa baik di dalam bidang ekonomi, politik dan budaya.dalam hal ini pemuda berperan sebagai pelaku politik yang tidak gila terhadap uang, jabatan ataupun takut terhadap ancaman melainkan kita adalah sosok yang mampu membawa bangsa ini pada kemajuan dengan semangat kebersamaan dan rasa kopetitif. Disamping Itu juga pulausumbawa telah mempertimbangkan aspek kesiapan sumber daya sebagai salah satu syarat pentingnya dalam kehidupan politik dan ekonomi.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNIVERSITAS SAMAWA (UNSA) SUMBAWA BESAR FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN